Tips Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress - smujib Official
Tips Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress
Apa itu WordPress?
"Pasti sudah banyak yang mengetahui mengenai wordpress, wordPress merupakan platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003.

Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa.

Di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi.

Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Kebanyakan WordPress sering disebut sebagai CMS (Content Management System).
Sejak adanya CMS WordPress, para pengembang tidak lagi harus pusing dengan masalah teknis dalam pengolahan websitenya.

WordPress membuat kegiatan mengedit, mempublish, dan mengatur user pada website yang dibuat dengan wordpress bisa dengan mudah dilakukan dan hanya beberapa menit saja.

Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress
Yang menarik dari WordPress adalah software yang bersifat open source.

Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Wordpress bisa kita gunakan untuk membuat berbagai website.

Berbagai macam website seperti blog, portofolio, berita, instansi dan web lainnya bisa dibuat menggunakan wordpress.

Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

Sebelum pada topik pembahasan kita mengenai Widget, bagaimana cara mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress, terlebih dahulu akan saya bahas mengenai apa perlunya menggunakan Wordpress, kenapa harus Wordpress dan apa manfaat menggunakan Wordpress?

"Bagi kalian pengguna wordpress mari kita simak dapat digunakan untuk apa saja Wordpress yang kalian miliki.

Mengapa Menggunakan WordPress?
1.Ramah untuk Pemula dan Ahli
Kelebihan pertama WordPress adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, dari orang yang sudah ahli programming maupun orang awam.

Kalian tidak perlu menjadi ahli programming dan bisa membuat website profesional menggunakan WordPress karena penggunaannya sangat mudah.

2.Komunitas Besar
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Angka tersebut juga menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia.

Kebanyakan pengguna WordPress pun membuat forum diskusi untuk berbagi insight dan ilmu terbaru tentang cara membuat website dengan WordPress dan optimasinya.

Forum diskusi tersebut diadakan baik secara online maupun offline. Bagi Anda yang masih awam dengan website dan WordPress, tidak perlu khawatir karena Anda bisa belajar dari forum-forum diskusi yang mengajarkan tutorial WordPress.

3.Tersedia Banyak Tutorial
Bukan hanya forum diskusi, Anda juga bisa belajar cara membuat website dengan WordPress dan mengoperasikannya dengan tutorial WordPress yang tersebar di internet.

Anda bisa belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial, atau video tutorial.

4.Plugin Melimpah
Selain tutorial WordPress yang melimpah, plugin WordPress juga melimpah. Fitur yang sangat populer dan unik dari wordpress saah satunya adalah plugin, kamu bisa menambahkan berbagai macam fitur tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman.

WordPress sendiri memiliki database plugin lebih dari 26.000 plugin, dan masing-masing menawarkan fungsi kustom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan khusus mereka.

Plugin dalam Wordpress ini meliputi Search engine Optimation, penambahan widget, setting tampilan halaman, membuat fitur video youtube atau membuat fungsi khusus yang sesuai dengan keinginan pemilik website.

5.Tema Beragam
Pengguna WordPress dapat menginstal dan beralih di antara tema,pengguna memungkinkan untuk mengubah tampilan tema dan fungsionalitas dari situs WordPress atau instalasi tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs.

Selain itu, tema dapat diinstal menggunakan WordPress “Penampilan” alat administrasi atau folder tema dapat di-upload melalui FTP.

PHP, HTML & CSS kode yang ditemukan dalam tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih.

Tema wordpress tersebar banyak sekali di Internet dari yang gratis sampai yang berbayar sehingga membuat kenyamanan para penggunanya.

Manfaat WordPress
Di awal kemunculannya, WordPress memang lebih dikenal sebagai platform pembuatan blog saja. Namun, dalam perkembangannya WordPress semakin canggih. Website apa saja yang bisa Anda buat menggunakan WordPress?

Berikut penjelasannya:

1.Blog dan Website Pribadi
Ya, Anda bisa membuat blog menggunakan WordPress, baik WordPress.com atau WordPress.org. Tentu dengan konsekuensi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Anda bisa menggunakan WordPress.com terlebih dahulu untuk melakukan percobaan.

Apabila Anda sudah cukup familiar dengan cara menggunakannya dan mulai membutuhkan lebih banyak fitur, Anda bisa melakukan migrasi ke WordPress.org.

2.Website Perusahaan
Selain blog, Anda juga bisa membuat website perusahaan menggunakan WordPress. Website berguna untuk membangun kredibilitas perusahaan Anda di dunia maya.

Hal ini berlaku baik untuk perusahaan yang transaksinya dilakukan secara online maupun offline.

Menurut laporan Verisign 84 persen konsumen lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website dibanding bisnis yang memiliki laman media sosial saja.

Dengan memiliki website Anda bisa membuat konsumen lebih percaya kepada perusahaan Anda dibandingkan perusahaan lain di bisnis yang sama.

3.Website Toko Online
Di poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa WordPress.com tidak bisa digunakan untuk membuat toko online. Supaya bisa membuat toko online, Anda harus menggunakan WordPress.org.

Setelah itu Anda bisa memasang plugin WooCommerce untuk membuat website toko online.

WooCommerce memungkinkan Anda untuk membuat website toko online lengkap, dari display produk sampai pembayaran.

WooCommerce telah diunduh 53 juta kali dan menjadi plugin toko online paling populer di dunia.

Di laman resminya, WooCommerce mengklaim 28 persen toko online di dunia dibuat menggunakan WooCommerce.

Menambahkan Dan Menggunakan Widget Di WordPress
Para pengguna pemula sering kali bertanya tentang widget pada wordpress dan bagaimana menggunakannya.

Anda bisa menambahkan fungsi dan fitur berbeda ke sidebar WordPress tanpa menuliskan kode apapun dengan fungsi widget.

Pada artikel kali ini, kami akan menunjukkan bagaimana menambahkan dan menggunakan widget serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget di WordPress.

Widget dan Perlunya menggunakan di WordPress?
Widget merupakan fungsi spesifik yang bisa Anda tempatkan di sidebar pada Wordpress anda.

Untuk pemula, widget menjadi cara sederhana untuk menambahkan galeri, kutipan, postingan populer, kotak “like” facebook, atau item dinamis lain di situs WordPress.

Fungsu Widget bisa ditemukan di halaman Appearance >> Widgets pada admin area, anda akan melihat widget yang Anda bisa tambahkan di bawah daftar widget yang tersedia.

Di sebelah kanan, Anda akan temukan area tujuan pada situs WordPress dimana Anda bisa menempatkan widget-widget tersebut.

Penentuan Area tujuan ini yaitu tema WordPress anda yang disebut sidebar atau area widget. Bila tidak melihat widget tertentu yang Anda cari, kemungkinan Anda bisa menambahkannya dengan plugin.

Anda dapat menyimak video tutorial wordpress persembahan Dewaweb tentang “Bagaimana Cara Pengaturan Widgets” terlampir untuk mendapatkan visualisasi akurat, dan tetaplah bersama artikel untuk menyempurnakan pemahaman Anda mengenai widgets di wordpress.

Terdapat banyak cara untuk menambahkan widget ke sidebar yang tersedia di tema WordPress Anda, Cara paling mudah adalah dengan menyeret dan meletakkannya di sidebar.

Kalian juga bisa klik judul widget dari daftar widget yang tersedia. Disini WordPress akan menunjukkan daftar sidebar dimana Anda bisa menambahkan widget, Cukup pilih sidebar sebagai tempat untuk widget tambahan, dan lalu klik tombol “Add Widget” untuk menambahkannya.

Ada juga mode accessibility untuk pengguna yang membutuhkannya, untuk menggunakan mode accessibility hanya perlu klik tombol ‘Screen Option’ di sudut kanan atas layar maka akan muncul menu dengan tautan untuk mengaktifkan mode accessibility untuk layar widget.

Mengkliknya mengubah layar widget pada interface pengguna. Unutuk setiap widget yang tersedia kini memiliki tombol ‘Add.’ Mengklik tombol akan membawa Anda ke layar dimana Anda bisa dengan mudah memilih sidebar.

Kalian bisa menambahkan widget menggunakan preview dengan mengunjungi Appearance >> Costumize, karena halaman widget bukan satu-satunya cara untuk menambahkan widget ke situs WordPress.

Tidak semua area widget dan sidebar Anda akan muncul di customizer, hal ini penting untuk diperhatikan.

Hal ini yang menyebabkan dianjurkannya menggunakan layar Appearance >> Widgets untuk menambahkan widget di WordPress.

Cara Menghapus Widget Di WordPress
Dalam WordPress, menghapus sama mudahnya dengan menambahkannya. Yang perlu kalian lakukan adalah mengunjungi halaman Appearance >> Widget. Kalian harus mencari widget yang ingin di hapus pada sidebar dan klik ke judul widget untuk ekspansinya.

Pada pengaturan widget, dibawahnya kalian akan menemukan tautan untuk menghapus widget. Widget yang dihapus akan hilang dari sidebar dan juga akan menghilangkan pengaturan widget seperti judul atau pilihan yang telah kalian pilih sebelumnya.

Terdapat beberapa widget yang sangat sederhana dan tidak memiliki banyak pilihan pada pengaturannya tapi ada juga widget yang memiliki banyak pilihan dan pengaturan.

Apabila ingin menghapus widget tanpa menghilangkan pengaturannya, maka Anda perlu menyeret dan meletakkanya di bagian widget tidak aktif.

Ketika kalian ingin menghapus atau mengirim widget ke widget tidak aktif, hal ini tidak akan menghilangkannya dari daftar widget yang tersedia. Kalian bisa selalu menambahkan widget kembali dari daftar widget yang tersedia atau widget tidak aktif.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress
  1. Silahkan masuk menu editor melalui Appearance >> lalu pilih Editor >> klik menu editor Theme Functions (funcions.php)
  2. Silahkan hapus kode “defer parsing of javascript” pada funcions.php, terakhir klik tombol update file
  3. Selesai dan Silahkan kembali ke menu Appearance >>Widgets dan tambahkan widget, maka widget sudah kembali normal.
Cara memperbaiki widget wordpress yang tidak berfungsi
Nah bagaimana cara memperbaiki widget wordpress yang tidak berfungsi terkadang pemilik website atau blog yang masih pemula?

"menghadapi permasalahan yang widgetnya tidak bisa di apa-apakan, tidak bisa di drag dan drop ataupun tidak bisa menghapus atau mengedit widget yang sudah terpasang, dan tidak bisa menambahkan widget yang baru pada cms wordpress yang dimilikinya.

Jika anda mengalami permasalahan seperti ini, anda harus lakukan beberapa trik sebagai berikut :
  • Cek seting browser yang anda miliki apakah javascript di enable atau disable. javascript harus enable agar widget dapat berfungsi.
  • Cek koneksi internet anda mungkin koneksi internet anda lambat sehingga menghambat ketika mengedit di widget area setting wordpress.
  • Coba anda ingat apakah anda baru saja menginstall script baru di wordpress anda, ada kemungkinan konflik dengan script lain, coba anda non aktifkan dulu atau jika tidak terlalu penting bisa di hapus saja.
  • Jika semua tidak berhasil anda bisa overwrite atau upload file inti / core wordpress namun hanya wp-admin dan wp-include saja, sebelum melakukan ada baiknya selalu backup dulu semua folder dan database wordpress yang anda miliki
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress, Jika masih kesulitan, silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar untuk didiskusikan bersama.

Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, semoga dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah Widget pada Wordpress.

Tips Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress

Tips Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress
Apa itu WordPress?
"Pasti sudah banyak yang mengetahui mengenai wordpress, wordPress merupakan platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003.

Sejarah WordPress berawal dari ditutupnya software blogging bernama b2/cafeblog, Matt dan Mike sebagai pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa.

Di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi.

Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini menjadi CMS paling populer di seluruh dunia.

Kebanyakan WordPress sering disebut sebagai CMS (Content Management System).
Sejak adanya CMS WordPress, para pengembang tidak lagi harus pusing dengan masalah teknis dalam pengolahan websitenya.

WordPress membuat kegiatan mengedit, mempublish, dan mengatur user pada website yang dibuat dengan wordpress bisa dengan mudah dilakukan dan hanya beberapa menit saja.

Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress
Yang menarik dari WordPress adalah software yang bersifat open source.

Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja. Wordpress bisa kita gunakan untuk membuat berbagai website.

Berbagai macam website seperti blog, portofolio, berita, instansi dan web lainnya bisa dibuat menggunakan wordpress.

Selain itu, WordPress menyediakan plugin yang memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur di website hanya dengan sekali klik.

Sebelum pada topik pembahasan kita mengenai Widget, bagaimana cara mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress, terlebih dahulu akan saya bahas mengenai apa perlunya menggunakan Wordpress, kenapa harus Wordpress dan apa manfaat menggunakan Wordpress?

"Bagi kalian pengguna wordpress mari kita simak dapat digunakan untuk apa saja Wordpress yang kalian miliki.

Mengapa Menggunakan WordPress?
1.Ramah untuk Pemula dan Ahli
Kelebihan pertama WordPress adalah kemudahannya sehingga bisa digunakan siapa saja, dari orang yang sudah ahli programming maupun orang awam.

Kalian tidak perlu menjadi ahli programming dan bisa membuat website profesional menggunakan WordPress karena penggunaannya sangat mudah.

2.Komunitas Besar
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Angka tersebut juga menjadikan WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuat website di seluruh dunia.

Kebanyakan pengguna WordPress pun membuat forum diskusi untuk berbagi insight dan ilmu terbaru tentang cara membuat website dengan WordPress dan optimasinya.

Forum diskusi tersebut diadakan baik secara online maupun offline. Bagi Anda yang masih awam dengan website dan WordPress, tidak perlu khawatir karena Anda bisa belajar dari forum-forum diskusi yang mengajarkan tutorial WordPress.

3.Tersedia Banyak Tutorial
Bukan hanya forum diskusi, Anda juga bisa belajar cara membuat website dengan WordPress dan mengoperasikannya dengan tutorial WordPress yang tersebar di internet.

Anda bisa belajar dengan membaca artikel tutorial WordPress, video tutorial, atau video tutorial.

4.Plugin Melimpah
Selain tutorial WordPress yang melimpah, plugin WordPress juga melimpah. Fitur yang sangat populer dan unik dari wordpress saah satunya adalah plugin, kamu bisa menambahkan berbagai macam fitur tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman.

WordPress sendiri memiliki database plugin lebih dari 26.000 plugin, dan masing-masing menawarkan fungsi kustom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan khusus mereka.

Plugin dalam Wordpress ini meliputi Search engine Optimation, penambahan widget, setting tampilan halaman, membuat fitur video youtube atau membuat fungsi khusus yang sesuai dengan keinginan pemilik website.

5.Tema Beragam
Pengguna WordPress dapat menginstal dan beralih di antara tema,pengguna memungkinkan untuk mengubah tampilan tema dan fungsionalitas dari situs WordPress atau instalasi tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs.

Selain itu, tema dapat diinstal menggunakan WordPress “Penampilan” alat administrasi atau folder tema dapat di-upload melalui FTP.

PHP, HTML & CSS kode yang ditemukan dalam tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih.

Tema wordpress tersebar banyak sekali di Internet dari yang gratis sampai yang berbayar sehingga membuat kenyamanan para penggunanya.

Manfaat WordPress
Di awal kemunculannya, WordPress memang lebih dikenal sebagai platform pembuatan blog saja. Namun, dalam perkembangannya WordPress semakin canggih. Website apa saja yang bisa Anda buat menggunakan WordPress?

Berikut penjelasannya:

1.Blog dan Website Pribadi
Ya, Anda bisa membuat blog menggunakan WordPress, baik WordPress.com atau WordPress.org. Tentu dengan konsekuensi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Anda bisa menggunakan WordPress.com terlebih dahulu untuk melakukan percobaan.

Apabila Anda sudah cukup familiar dengan cara menggunakannya dan mulai membutuhkan lebih banyak fitur, Anda bisa melakukan migrasi ke WordPress.org.

2.Website Perusahaan
Selain blog, Anda juga bisa membuat website perusahaan menggunakan WordPress. Website berguna untuk membangun kredibilitas perusahaan Anda di dunia maya.

Hal ini berlaku baik untuk perusahaan yang transaksinya dilakukan secara online maupun offline.

Menurut laporan Verisign 84 persen konsumen lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website dibanding bisnis yang memiliki laman media sosial saja.

Dengan memiliki website Anda bisa membuat konsumen lebih percaya kepada perusahaan Anda dibandingkan perusahaan lain di bisnis yang sama.

3.Website Toko Online
Di poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa WordPress.com tidak bisa digunakan untuk membuat toko online. Supaya bisa membuat toko online, Anda harus menggunakan WordPress.org.

Setelah itu Anda bisa memasang plugin WooCommerce untuk membuat website toko online.

WooCommerce memungkinkan Anda untuk membuat website toko online lengkap, dari display produk sampai pembayaran.

WooCommerce telah diunduh 53 juta kali dan menjadi plugin toko online paling populer di dunia.

Di laman resminya, WooCommerce mengklaim 28 persen toko online di dunia dibuat menggunakan WooCommerce.

Menambahkan Dan Menggunakan Widget Di WordPress
Para pengguna pemula sering kali bertanya tentang widget pada wordpress dan bagaimana menggunakannya.

Anda bisa menambahkan fungsi dan fitur berbeda ke sidebar WordPress tanpa menuliskan kode apapun dengan fungsi widget.

Pada artikel kali ini, kami akan menunjukkan bagaimana menambahkan dan menggunakan widget serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget di WordPress.

Widget dan Perlunya menggunakan di WordPress?
Widget merupakan fungsi spesifik yang bisa Anda tempatkan di sidebar pada Wordpress anda.

Untuk pemula, widget menjadi cara sederhana untuk menambahkan galeri, kutipan, postingan populer, kotak “like” facebook, atau item dinamis lain di situs WordPress.

Fungsu Widget bisa ditemukan di halaman Appearance >> Widgets pada admin area, anda akan melihat widget yang Anda bisa tambahkan di bawah daftar widget yang tersedia.

Di sebelah kanan, Anda akan temukan area tujuan pada situs WordPress dimana Anda bisa menempatkan widget-widget tersebut.

Penentuan Area tujuan ini yaitu tema WordPress anda yang disebut sidebar atau area widget. Bila tidak melihat widget tertentu yang Anda cari, kemungkinan Anda bisa menambahkannya dengan plugin.

Anda dapat menyimak video tutorial wordpress persembahan Dewaweb tentang “Bagaimana Cara Pengaturan Widgets” terlampir untuk mendapatkan visualisasi akurat, dan tetaplah bersama artikel untuk menyempurnakan pemahaman Anda mengenai widgets di wordpress.

Terdapat banyak cara untuk menambahkan widget ke sidebar yang tersedia di tema WordPress Anda, Cara paling mudah adalah dengan menyeret dan meletakkannya di sidebar.

Kalian juga bisa klik judul widget dari daftar widget yang tersedia. Disini WordPress akan menunjukkan daftar sidebar dimana Anda bisa menambahkan widget, Cukup pilih sidebar sebagai tempat untuk widget tambahan, dan lalu klik tombol “Add Widget” untuk menambahkannya.

Ada juga mode accessibility untuk pengguna yang membutuhkannya, untuk menggunakan mode accessibility hanya perlu klik tombol ‘Screen Option’ di sudut kanan atas layar maka akan muncul menu dengan tautan untuk mengaktifkan mode accessibility untuk layar widget.

Mengkliknya mengubah layar widget pada interface pengguna. Unutuk setiap widget yang tersedia kini memiliki tombol ‘Add.’ Mengklik tombol akan membawa Anda ke layar dimana Anda bisa dengan mudah memilih sidebar.

Kalian bisa menambahkan widget menggunakan preview dengan mengunjungi Appearance >> Costumize, karena halaman widget bukan satu-satunya cara untuk menambahkan widget ke situs WordPress.

Tidak semua area widget dan sidebar Anda akan muncul di customizer, hal ini penting untuk diperhatikan.

Hal ini yang menyebabkan dianjurkannya menggunakan layar Appearance >> Widgets untuk menambahkan widget di WordPress.

Cara Menghapus Widget Di WordPress
Dalam WordPress, menghapus sama mudahnya dengan menambahkannya. Yang perlu kalian lakukan adalah mengunjungi halaman Appearance >> Widget. Kalian harus mencari widget yang ingin di hapus pada sidebar dan klik ke judul widget untuk ekspansinya.

Pada pengaturan widget, dibawahnya kalian akan menemukan tautan untuk menghapus widget. Widget yang dihapus akan hilang dari sidebar dan juga akan menghilangkan pengaturan widget seperti judul atau pilihan yang telah kalian pilih sebelumnya.

Terdapat beberapa widget yang sangat sederhana dan tidak memiliki banyak pilihan pada pengaturannya tapi ada juga widget yang memiliki banyak pilihan dan pengaturan.

Apabila ingin menghapus widget tanpa menghilangkan pengaturannya, maka Anda perlu menyeret dan meletakkanya di bagian widget tidak aktif.

Ketika kalian ingin menghapus atau mengirim widget ke widget tidak aktif, hal ini tidak akan menghilangkannya dari daftar widget yang tersedia. Kalian bisa selalu menambahkan widget kembali dari daftar widget yang tersedia atau widget tidak aktif.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress
  1. Silahkan masuk menu editor melalui Appearance >> lalu pilih Editor >> klik menu editor Theme Functions (funcions.php)
  2. Silahkan hapus kode “defer parsing of javascript” pada funcions.php, terakhir klik tombol update file
  3. Selesai dan Silahkan kembali ke menu Appearance >>Widgets dan tambahkan widget, maka widget sudah kembali normal.
Cara memperbaiki widget wordpress yang tidak berfungsi
Nah bagaimana cara memperbaiki widget wordpress yang tidak berfungsi terkadang pemilik website atau blog yang masih pemula?

"menghadapi permasalahan yang widgetnya tidak bisa di apa-apakan, tidak bisa di drag dan drop ataupun tidak bisa menghapus atau mengedit widget yang sudah terpasang, dan tidak bisa menambahkan widget yang baru pada cms wordpress yang dimilikinya.

Jika anda mengalami permasalahan seperti ini, anda harus lakukan beberapa trik sebagai berikut :
  • Cek seting browser yang anda miliki apakah javascript di enable atau disable. javascript harus enable agar widget dapat berfungsi.
  • Cek koneksi internet anda mungkin koneksi internet anda lambat sehingga menghambat ketika mengedit di widget area setting wordpress.
  • Coba anda ingat apakah anda baru saja menginstall script baru di wordpress anda, ada kemungkinan konflik dengan script lain, coba anda non aktifkan dulu atau jika tidak terlalu penting bisa di hapus saja.
  • Jika semua tidak berhasil anda bisa overwrite atau upload file inti / core wordpress namun hanya wp-admin dan wp-include saja, sebelum melakukan ada baiknya selalu backup dulu semua folder dan database wordpress yang anda miliki
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi Tidak Bisa Edit Widget Wordpress, Jika masih kesulitan, silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar untuk didiskusikan bersama.

Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, semoga dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah Widget pada Wordpress.